Komunikasi non-Bilateral

Contoh Pidato – Beberapa waktu lalu, utusan khusus untuk dunia Islam dari Presiden Barack Obama datang ke Indonesia dan memberikan semacam pengantar untuk kedatangan Presiden Amerika Serikat ke-44 itu ke Indonesia. Farah Pundit, Muslimah Kashmir yang diambil sumpahnya sebagai utusan khusus pada bulan Februari 2009 ini telah berkunjung ke berbagai belahan dunia Islam untuk berusaha membangun kesempatan dialog dan berdiskusi dengan dunia Islam. Herry Nurdi, dari Sabili Cyber berkesempatan untuk berbincang santai dalam sebuah acara makan siang di Jakarta beberapa waktu lalu, berikut petikan obrolan dengan utusan khusus Presiden Obama ini yang mengatakan, pemuda dan komunikasi antar masyarakat adalah bagian penting dari pembangunan masa depan yang lebih baik:

Pidato – Bisakah dijelaskan apa menjadi program utama Presiden Obama untuk dunia Islam? Khususnya untuk dua wilayah seperti Afganistan dan Irak.
Tugas utama saya adalah berhubungan dengan dunia Islam, dan ini adalah yang pertama dalam tubuh pemerintahan Amerika, membentuk desk khusus yang menangani hubungan dengan dunia Islam. Pada prinsipnya, tugas dari lini baru ini adalah membangun kerjasama dengan masyarakat madani yang ada di seluruh dunia Islam, khususnya, untuk membangun dialog dan pengertian bersama tentang apa yang bisa kita lakukan bersama. Tugas saya bukanlah, secara spesifik membahas isu-isu politik dalam hubungan antara Amerika Serikat dan dunia Islam. Tugas saya adalah membangun hubungan people to people di antara Amerika Serikat dan dunia Islam. Jadi saya tidak punya pernyataan apapun yang bisa saya tambahkan dalam hal penambahan pasukan dan tentara Amerika di Afghanistan.

Tapi justru masalah Afghanistan ini adalah salah satu isu yang berkaitan langsung dengan dunia Islam. Sebab, dalam agendanya Presiden Obama menempatkan masalah Afghanistan, Irak, dan penutupan Guantanamo sebagai isu serius untuk memperbaiki hubungan dengan dunia Islam.
Membincangkan dunia Islam, selalu saja menarik dan tidak akan pernah ada satu perspektif tunggal. Dalam pidatonya di Kairo, Presiden Obama menempatkan masalah dunia Islam ini menjadi masalah vital yang harus mendapatkan perhatian besar. Dan seperti Anda tahu, jabatan saya adalah utusan khusus untuk dunia Islam, ini adalah desk khusus yang sangat bersejarah. Saya telah melakukan banyak perjalanan di berbagai penjuru dunia, dan menemukan satu fakta penting bahwa masalah pemuda, juga menjadi masalah yang sangat penting dalam dunia Islam. Dalam pidato Kairo, Presiden Obama mengatakan ingin membangun mutual respect dan mutual interest dengan dunia Islam. Begitu juga dengan Menlu Hillary Clinton yang juga menandaskan bahwa kami akan bekerja dengan sangat keras untuk membangun hubungan yang baik dengan dunia Islam di seluruh penjuru dunia.

Memang banyak sekali isu dalam dunia Islam, yang juga banyak melibatkan emosi pada tahapan tertentu. Tapi kami yakin bahwa hubungan yang positif harus dibangun oleh kedua belah pihak. Ini bukanlah pendekatan yang bisa dilakukan dengan singkat dan akan menghasilkan kabar dalam waktu yang singkat pula. Membangun hubungan baik antara Amerika Serikat dan dunia Islam adalam kerja besar dan hasilnya juga pasti tidak akan instan. Bahkan bisa saja, hasilnya akan muncul beberapa dekade setelah ini.

Bisakah Anda menceritakan beberapa bukti bahwa Presiden Obama serius dalam masalah ini, membangun hubungan baik dengan dunia Islam?
Presiden telah memberikan banyak sekali pernyataan dalam berbagai kesempatan, bahwa kita harus membangun hubungan yang berdasarkan mutual respect dan mutual interest. Beliau bicara tentang dialog antar umat beragama, bicara tentang pentingnya berkomunikasi dengan kelompok-kelompok yang berbeda pendapat, presiden bicara tentang penghormatannya pada Islam. Presiden juga bicara tentang pengakuan pemerintah pada komunitas Muslim di Amerika Serikat sebagai komunitas yang mapan dan diakui. Ini semua adalah gambaran besar dari bukti bahwa presiden dan menlu Amerika Serikat ingin membangun lingkungan baru dan awal baru dari hubungan Amerika Serikat dengan dunia Islam.

Tapi bagi kami, belum ada bukti yang cukup dari kebijakan pemerintahan Obama untuk mewujudkan mutual respect dan mutual interest pada negara-negara Islam. Presiden Obama ingin membangun mutual respect, tapi justru menambah pasukan di Afghanistan. Presiden Obama ingin membangun mutual interest, tapi belum menarik diri dari Irak. Presiden ingin membangun awal yang baru, tapi juga tidak memberikan pernyataan tentang pemukiman Israel di Palestina yang terus dibangun.
Presiden Obama, pada hari keduanya sebagai Presiden Amerika Serikat, menempatkan masalah penyelesaian Gaza dan Palestina menjadi agenda utama kerja pertamanya. Dia membangun desk-desk khusus untuk mencari penyelesaian dan solusi terbaik untuk masalah ini. Dia memberikan highlight pada masalah ini. Dalam setiap forum yang memungkinkan, Presiden Obama selalu mengangkat kasus ini sebagai tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan. Semua pihak memang sangat ingin melihat progress dalam masalah ini. Dan Presiden Obama ingin sekali membawa kedua belah pihak yang bertikai di Palestina dan Israel, untuk melakukan perundingan lagi di meja perdamaian. Dalam konteks seorang pemimpin, penentuan prioritas masalah yang akan ditangani adalah cerminan dari perhatian besar yang diberikan. Dan Presiden Obama telah memberikan prioritas besar dalam penyelesaian masalah perdamaian di Timur Tengah. Presiden Obama sangat jelas sikapnya pada perdamaian ini. Presiden Obama extremely energetic untuk masalah ini. Dan dalam semua forum, beliau mengatakan bahwa ini adalah prioritas baginya dan bagi Amerika Serikat. Ada banyak dialog dan berbagai cara yang kami lakukan untuk membangun hubungan dunia Islam. Dan pendidikan adalah salah satu pintu penting yang harus dibangun untuk saling memahami. Dalam kunjungan saya ke Solo, ada satu pertanyaan menarik yang diajukan oleh seorang anak muda, “Bagaimana Anda membedakan satu perbuatan itu adalah ajaran Islam atau salah satu bentuk doktrin fanatisme dan radikalisme.” Jawabannya memang tidak pernah mudah dan sederhana, tapi pendidikan akan mampu memberikan jalan keluar yang baik.

Apa komentar Anda tentang yang terjadi di Pakistan beberapa waktu terakhir ini?
Dalam tugas ini saya belum pernah ke Pakistan. Tapi saya yakin, Pakistan saat ini menjadi salah satu wilayah yang kritis di dunia Islam. Tapi saya saya adalah orang yang penuh optimism. Saya yakin pada masa depan yang lebih baik, jika anak-anak muda di berbagai belahan dunia mampu saling memahami dan bekerjasama untuk masa depan yang lebih baik. Tantangannya adalah, kita sebagai fasilitator harus mampu mengantarkan mereka pad aide-ide dan pemikiran yang banyak untuk melakukan perubahan. Dan bagaimana membantu penyelesaian problem, di tingkat global dan juga local. Bahkan sesungguhnya kita saling berkaitan. Satu peristiwa yang menimpa dan terjadi pada satu komunitas, pasti akan berdampak dan berkaitan dengan komunitas lain di dunia ini. Karena itu, kesadaran atas kaitan inilah yang perlu dibangun bersama.

Kita harus menciptakan ruang untuk melakukan dialog dan pertukaran pendapat. Mungkin ada saatnya kita memiliki suasana dan perbincangan yang tidak nyaman. Tapi itu akan lebih baik, karena kita akan menjadi lebih mengerti satu sama lainnya. Tidak masalah jika kita memiliki situasi yang tidak nyaman dalam berdialog, tapi itu akan lebih baik daripada kita tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk berdialog. Indonesia sangatlah penting menjadi contoh, dengan begitu beragam perspektif Islam dan hidup dengan damai. Dan bagi Amerika Serikat, baik Anda sebagai negara Muslim mayoritas, atau negara lain dengan Muslim minoritas, posisinya sangat penting dan kami berharap dapat membangun kerjasama yang positif untuk tujuan yang lebih baik.

Dengan dialog dan komunikasi yang kita ciptakan, akan banyak lahir saling pengertian. Sebagian besar orang tidak tahu, bahwa ada banyak orang Muslim bekerja dan berkarir dalam pemerintahan Amerika Serikat. Bahkan angkanya sangat besar, mungkin antara lima sampai enam ribu Muslim yang bekerja dalam pemerintahan Amerika. Komunitas Muslim di Amerika dalah salah satu komunitas yang diakui, ada banyak masjid di setiap Negara bagian dan kota. Dan Islam sangat beragam di Amerika, datang dari berbagai background dari seluruh dunia dan hidup dengan damai di Amerika. Bahkan ada yang mengakui bahwa mereka lebih bebas melaksanakan aktivitas agamanya di banding di Negaranya sendiri sebelumnya.

Menurut Anda, apa ganjalan besar untuk membangun hubungan baik dengan dunia Islam?
Semua tahapan sudah dan sedang berganti sekarang. Pemerintahan Amerika berganti, departemen luar negeri berganti dan kebijakannya pun berubah. Dan pendekatannya pun juga akan berubah, dan telah menjadi dialog yang sangat luas untuk menemukan dan melewati rintangan-rintangan yang ada untuk menjalin hubungan yang baik. Dunia terhubung dengan sangat cepat sekarang ini, termasuk dunia Islam. Untuk generasi baru, kita harus menemukan cara agar generasi baru mampu bertemu dan berkomunikasi tentang budaya dan agama mereka.

Apa strategi Presiden Obama dalam membangun mutual respect dan mutual interest dengan dunia Islam?
Kita tidak saja membangun hubungan secara bilateral, tapi juga membangun hubungan yang juga tak kalah penting adalah hubungan informal antara people to people atau organisasi dengan organisasi. Presiden Obama menaruh perhatian besar pada pembangunan suara dan aspirasi yang tak tergali secara formal. Karena setiap individu memiliki peranan penting pada masyarakat di sekitarnya.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: